Program Studi Magister Teknik Industri yang secara operasional menjalankan fungsi kelembagaan untuk menghasilkan lulusan telah di mulai sejak semester Genap tahun 2001. Dalam kurun waktu sepuluh tahun, kurikulum yang digunakan telah mengalami perubahan yaitu pada tahun 2005, tahun 2010, tahun 2015, dan tahun 2017. Perubahan kurikulum yang cukup signifikan dilakukan pada tahun 2010 dengan pengurangan jumlah total sks dari 46 sks menjadi 40 sks dan perubahan beberapa mata kuliah dalam rangka memenuhi kesepakatan sebagai anggota BKSTI. Pada semester Gasal tahun akademik 2015/2016 diberlakukan kurikulum baru untuk mengantisipasi tantangan yang akan dihadapi para lulusan, dan untuk menyelaraskan dengan undang-undang dan peraturan baru dari pemerintah terkait dengan kurikulum pendidikan tinggi. Perubahan Kurikulum baru berikutnya adalah pada semester Gasal tahun akademik 2019/2020. Perubahan Kurikulum baru yang terakhir mulai diberlakukan pada semester Gasal tahun akademik 2023/2024.
Kurikulum Program Studi Magister Teknik Industri dirancang untuk menghasilkan lulusan dengan profil sebagai berikut :
PL-1Â Lulusan memiliki karir untuk melakukan pengambilan keputusan dengan menggunakan berbagai metode dalam disiplin teknik industri dan berbagai alat analisis dalam rangka memberikan solusi kreatif, inovatif, dan berkelanjutan untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing industri.
PL-2Â Lulusan memiliki karir untuk melakukan penelitian dan mengkomunikasikan hasil penelitian di bidang teknik industri dalam rangka memberikan solusi kreatif, inovatif, dan berkelanjutan untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing industri.
Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Magister Teknik Industri terdiri dari
1) Capaian Pembelajaran Sikap,
2) Capaian Pembelajaran Pengetahuan,
3) Capaian Pembelajaran Keterampilan Umum, dan
4) Capaian Pembelajaran Keterampilan Khusus.
Capaian pembelajaran secara rinci adalah sebagai berikut :
Capaian Pembelajaran Sikap
S.a      Mampu menunjukkan sikap Takwa, Tekun, Terampil
S.b      Mampu menunjukkan sikap Asih, Asah, Asuh
S.c      Mampu menunjukkan sikap Satria, Setia, Sportif
Capaian Pembelajaran Pengetahuan
P.a      Mampu menguasai teori sains rekayasa, rekayasa perancangan, metode dan teknik terkini yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem terintegrasi
P.b      Mampu menguasai pendekatan interdisiplin yang kontekstual dan terkini terkait dengan perancangan sistem terintegrasi
Capaian Pembelajaran Ketrampilan Umum
KU.a  Mampu melakukan penelitian dibidang teknik industri untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing organisasi
KU.b  Mampu mengkomunikasikan ide, hasil pemikiran, dan argument saintifik kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas
KU.c  Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
KU.d  Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri
Capaian Pembelajaran Ketrampilan Khusus
KK.a  Mampu menyelesaikan masalah rekayasa industri dan perancangan suatu sistem terintegrasi dengan juga memanfaatkan bidang ilmu lain secara interdisiplin atau multidisiplin, serta dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial, energi dan kelestarian lingkungan
KK.b  Mampu melakukan pendalaman atau perluasan keilmuan di bidang perancangan, pemasangan, pengoperasian, dan perbaikan sistem terintegrasi untuk memberikan kontribusi original dan teruji melalui riset dengan pendekatan interdisiplin atau multi disiplin
KK.c Mampu memformulasikan ide-ide baru dari hasil riset yang dilaksanakan untuk pengembangan, pemasangan, pengoperasian, dan perbaikan sistem terintegrasi
KK.d Mampu mengkritisi dan memberikan masukan perbaikan dari sudut pandang rekayasa sistem terintegrasi terhadap kebijakan penyelesaian masalah pada berbagai sektor industri yang telah dan/atau sedang diterapkan, dan dituangkan dalam bentuk kertas kerja ilmiah
Capaian pembelajaran tersebut di atas dicapai melalui proses pembelajaran mata kuliah yang terdistribusi dalam empat semester sebagai berikut :
Distribusi Mata Kuliah
Semester | Â Mata Kuliah | SKS |
1 | Â Falsafah Teknik Industri | 3 |
 Metodologi Sistem | 3 | |
 Metode Optimasi | 3 | |
 Pengambilan  Keputusan | 3 | |
2 | Â Statistika Multivariat | 3 |
 Metodologi Penelitian | 3 | |
 Pilihan 1 | 3 | |
 Pilihan 2 | 3 | |
3 | Â Pembelajaran Mesin | 3 |
 Manajemen Proyek | 3 | |
 Seminar Proposal | 1 | |
 Pilihan 3 | 3 | |
4 | Â Publikasi | 2 |
 Tesis | 4 | |
                                                                                     TOTAL | 40 |
Mata Kuliah Pilihan
Nama Mata Kuliah | Bobot (sks) |
Peminatan Manajemen Rekayasa: Perancangan Bisnis | 3 sks |
Peminatan Optimasi Sistem Industri: Pemrograman Non Linier | 3 sks |
PeminatanManajemen Rantai Pasok: Manajemen Rantai Pasok | 3 sks |
Peminatan Rekayasa Informasi: Manajemen Data | 3 sks |
Peminatan Sistem Manufaktur: Perancangan Produk, Proses dan Fasilitas | 3 sks |
Peminatan Rekayasa Kualitas dan Keandalan: Manajemen Kualitas Terpadu | 3 sks |