Program Studi Magister Teknik Industri yang secara operasional menjalankan fungsi kelembagaan untuk menghasilkan lulusan telah di mulai sejak semester Genap tahun 2001. Dalam kurun waktu lima belas tahun, kurikulum yang digunakan telah mengalami perubahan yaitu pada tahun 2005, tahun 2010, tahun 2015, tahun 2017, tahun 2021, dan tahun 2025.
Perubahan kurikulum yang cukup signifikan dilakukan pada tahun 2010 dengan pengurangan jumlah total sks dari 46 sks menjadi 40 sks dan perubahan beberapa mata kuliah dalam rangka memenuhi kesepakatan sebagai anggota BKSTI. Perubahan kurikulum yang signifikan berikutnya adalah pada tahun 2025 mengikuti Permen no 53 tahun 2023, dengan penambahan total sks dari 40 sks menjadi 54 sks. Permendiktisaintek no 39 tahun 2025 merevisi kembali jumlah sks untuk magister minimal 36 sks. Program Studi Magister Teknik Industri menetapkan jumlah sks yang berlaku pada semester Gasal 2025/2026 adalah 40 sks, dengan acuan persentase kelompok mata kuliah sesuai Kurikulum inti BKSTI untuk Program Magister Tahun 2023.
Kurikulum Program Studi Magister Teknik Industri dirancang untuk menghasilkan lulusan dengan profil sebagai berikut :
| No | Profil Lulusan (PL) | Deskripsi Profil Profesional Mandiri |
| PL1 | Pengambil keputusan dalam level pimpinan | Menjadi individu profesional yang mampu melakukan pengambilan keputusan dengan menggunakan berbagai metode dalam disiplin teknik industri dan berbagai alat analisis dalam rangka memberikan solusi kreatif, inovatif, dan berkelanjutan untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing industri. |
| PL2 | Dosen/peneliti/konsultan | Menjadi individu yang mampu melakukan penelitian dan mengkomunikasikan hasil penelitian di bidang teknik industri dalam rangka memberikan solusi kreatif, inovatif, dan berkelanjutan untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing industri. |
Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Magister Teknik Industri terdiri dari
1) Capaian Pembelajaran Sikap,
2) Capaian Pembelajaran Pengetahuan,
3) Capaian Pembelajaran Keterampilan Umum, dan
4) Capaian Pembelajaran Keterampilan Khusus.
Capaian pembelajaran secara rinci adalah sebagai berikut :
SIKAP
CPL-9 Kemampuan untuk bertanggungjawab kepada masyarakat, akuntabel, dan menjalankan etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan keteknikindustrian.
CPL-10 Kemampuan untuk terlibat dalam pembelajaran sepanjang hayat, termasuk akses terhadap pengetahuan yang relevan dari isu-isu terkini.
PENGETAHUAN
CPL-1 Kemampuan untuk menerapkan pengetahuan matematika, ilmu alam dan/atau material, teknologi informasi dan keteknikan untuk memperoleh pemahaman menyeluruh dari prinsip-prinsip keteknik industrian.
KETERAMPILAN UMUM
CPL-6 Kemampuan untuk berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif.
CPL-7 Kemampuan untuk merencanakan, menyelesaikan, dan mengevaluasi tugas dengan memperhatikan batasan yang diberikan.
CPL-8 Kemampuan untuk bekerja dalam tim untuk menyelesaikan tugas.
KETERAMPILAN KHUSUS
CPL-2 Kemampuan untuk merancang sistem terintegrasi dengan memenuhi standar keteknikan yang diperlukan dan berbagai batasan multi aspek yang realistis (misal: teknis, aspek hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan), serta melibatkan berbagai pemangku kepentingan, dan mengidentifikasi dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan pandangan global di bidang teknik industri.
CPL-3 Kemampuan untuk merancang dan melakukan eksperimen laboratorium dan/atau lapangan dan menganalisis dan menerjemahkan data untuk mendukung proses pengambilan Keputusan/penelitian keteknikindustrian.
CPL-4 Kemampuan untuk mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan sistem kompleks di bidang teknik industri.
CPL-5 Kemampuan untuk menerapkan metode, keterampilan, dan peralatan teknik modern yang diperlukan dalam praktik keteknikindustrian.
CPL-11 Mampu melakukan pengembangan keilmuan dan memberikan kontribusi di bidang teknik Industri melalui kegiatan penelitian dengan memenuhi kaidah-kaidah ilmiah untuk menghasilkan karya yang inovatif.
Capaian pembelajaran tersebut di atas dicapai melalui proses pembelajaran mata kuliah yang terdistribusi dalam empat semester dan berikut adalah tabel distribusi mata kuliah per semester.
Capaian pembelajaran tersebut di atas dicapai melalui proses pembelajaran mata kuliah yang terdistribusi dalam empat semester sebagai berikut :
Distribusi Mata Kuliah
| Smstr | Kode MK | Mata Kuliah (MK) | Bobot | Prasyarat |
| 1 | IIW8301 | Falsafah Teknik Industri | 3 sks | – |
| IIW8306 | Pemodelan dan Simulasi Sistem | 3 sks | – | |
| IIW8203 | Analisis Multivariat dan Penerapannya | 2 sks | – | |
| IIW8309 | Data Mining dan Pembelajaran Mesin | 3 sks | – | |
| 2 | IIW8310 | Pemodelan dan Aplikasi Optimasi | 3 sks | – |
| IIW8304 | Pengambilan Keputusan | 3 sks | – | |
| IUW8380 | Metodologi Penelitian | 3 sks | – | |
| 3 | IUW8388 | Manajemen Proyek | 3 sks | – |
| IIW8101 | Seminar Proposal | 1 sks | Metodologi Penelitian | |
| Pilihan 1 | 3 sks | – | ||
| Pilihan 2 | 3 sks | – | ||
| IIW8201 | Publikasi | 2 sks | Metodologi Penelitian | |
| 4 | Pilihan 3 | 3 sks | – | |
| IIW8501 | Tesis | 5 sks | Seminar Proposal ** |
Mata Kuliah Pilihan
Mata kuliah pilihan memiliki bobot 3 sks dan dikelompokkan ke dalam 6 (enam) peminatan yaitu:
- Peminatan Manajemen Rekayasa
- Peminatan Manajemen Rantai Pasok
- Peminatan Rekayasa Informasi
- Peminatan Sistem Manufaktur
- Peminatan Rekayasa Kualitas dan Keandalan
- Peminatan Ergonomic
Adapun mata kuliah pilihan dalam setiap peminatan adalah sebagai berikut:
| Peminatan | Kode MK | Mata Kuliah | SKS |
| Peminatan Manajemen Rekayasa | IIM8306 | Leading Performance Transformation
Transformasi Kinerja Terdepan |
3 |
| IIM8307 | Organizational Resilience and Crisis Management
Resiliensi Organisasi dan Manajemen krisis |
3 | |
| IIM8308 | Strategic Agility and Resilience
Resiliensi dan Strategi Agile |
3 | |
| Peminatan Manajemen Rantai Pasok | IIS8306 | Digital & Intelligent Supply Chains
Rantai Pasok Digital dan Intelijen |
3 |
| IIS8307 | Supply Chain Analytics & Optimization
Analisis dan Optimasi Rantai Pasok |
3 | |
| IIS8308 | Smart Logistics & Warehousing
Logistik dan Pergudangan Cerdas |
3 | |
| Peminatan Rekayasa Informasi | III8306 | Enterprise Systems and Integration
Integrasi Sistem Perusahaan |
3 |
| III8304 | Business Intelligence and Analytics
Intelijen Bisnis dan Analitik |
3 | |
| III8307 | Digital Transformation and Innovation Management
Transformasi Digital dan Manajemen Inovasi |
3 | |
| Peminatan Sistem Manufaktur | IIP8306 | Sustainable Process and Facility Design
Perancangan Proses dan Fasilitas Berkelanjutan |
3 |
| IIP8307 | Lean Production Planning & Control System
Perencanaan dan Pengendalian Produksi Lean |
3 | |
| IIP8305 | Sustainable Manufacturing System
Sistem Manufaktur Berkelanjutan |
3 | |
| Peminatan Rekayasa Kualitas | IIK8301 | Total Quality Management
Manajemen Kualitas Terpadu |
3 |
| IIK8306 | Quality Systems Excellence
Sistem Kualitas Unggul |
3 | |
| IIK8307 | Smart Quality Systems
Sistem Kualitas Cerdas |
3 | |
| Peminatan Ergonomic | IIE8301 | Sustainable Product Design
Desain Produk Berkelanjutan |
3 |
| IIE8302 | Ergonomic Safety
Ergonomi untuk Keselamatan |
3 | |
| IIE8303 | Sustainable Ergonomic
Ergonomi Berkelanjutan |
3 |
Mahasiswa diperkenankan memilih 3 mata kuliah pilihan (9 sks) yang diinginkan.
